Kamis, 23 Mei 2024

Fraksi Keadilan Pembangunan Minta Optimalkan Objek Pajak untuk Peningkatan PAD

2 minutes reading
01 Okt 2023

potretmaluku.id – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ambon yang bersumber dari sektor pajak pada perubahan Tahun 2023 terbilang stagnan.

Ketua Fraksi Keadilan Pembangunan DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally kepada potretmaluku.id mengatakan, Tahun 2023 ini, objek pajak dan retribusi tidak memberikan sumbangsih pada peningkatan PAD di Kota Ambon.

Hal itu dikarenakan tidak ada upaya pemkot untuk mengoptimalisasi pendapatan dari sektor tersebut. Padahal, jika manfaatkan secara baik, bisa memberikan dampak besar terhadap peningkatan PAD.

“PAD dari sumber pajak tidak ada peningkatan, maupun penurunan. Ini harus menjadi perhatian pemerintah kota untuk kedepan dioptimalkan lagi,” kata Yusuf, Jumat (29/9/2023).

Menurutnya, hal itu telah disampaikan dalam kata akhir fraksi pada paripurna ke-3 masa persidangan I Tahun Sidang 2023-2024 DPRD Kota Ambon yang berlangsung siang tadi.

Kata dia, DPRD Kota Ambon, terkhusus Fraksi Keadilan Pembangunan terus mendorong agar dari Tahun ke Tahun itu ada peningkatan terhadap PAD Kota Ambon.

“Itu hanya bisa dicapai dengan memaksimalkan pendapatan pada beberapa sektor, lebih khusus lagi pada sektor pajak,” ujarnya.

Pihaknya berharap, OPD bagian pajak dan retribusi dapat mengoptimalkan 10 objek pajak yang ada, masing-masing pajak perhotelan, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, dan pajak air tanah.

Selanjutnya, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBBP2), dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Pada 10 objek pajak diatas perlu menggali objek pajak yang belum dimaksimalkan. “Hal positif pada Capaian retribusi perubahan 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp.1.6 miliar lebih,” katanya. (**)

Sumber : potretmaluku.id

Apa pesan anda :

comments